Indonesia merupakan Negara yang terkenal dengan berbagai budaya yang dimilikinya, salah satu unsur budaya yang sangat banyak di Indonesia adalah unsur seni seperti tari. Di setiap daerah memiliki jenis tari yang berbeda tergantung pada tujuan dan maknanya masing-masing, salah satu tarian tradisional Indonesia adalah tari pakarena.

Activity That Increase Our Productivity And Addictive

Jenis tari ini berasal dari Sulawesi Selatan khususnya di daerah Makassar, Gowa, dan sekitarnya, berbeda dengan jenis tarian lain yang ada di Indonesia. Jenis tarian pakarena ini sendiri memiliki keunikannya sendiri yang berasal dari musik, tarian, pola lantai, busana, hingga property yang digunakan dalam menari.

Tarian khas Sulawesi Selatan ini memiliki rangkaian gerakan yang sangat indah dan bisa membuat penonton menjadi terpukau akan gerakan yang dilakukan. Perlu Anda ketahui bahwa tarian pakarena ini sudah dikenal oleh masyarakat sejak dahulu kala yakni pada masa kerajaan Gantarang.

Region That With Many Cultures And Different Peoples

Awalnya tarian ini dipertunjukkan sebagai sebuah media pemujaan dewa, namun lambat laun dengan masuknya agam islam dan terjadinya modernisasi maka fungsi dari tari pakarena ini bergeser menjadi media hiburan dan penyambutan ketika ada acara-acara daerah yang memerlukan hiburan.

Pakarena sendiri berasal dari bahasa Makassar yang memiliki arti main, untuk tarian ini sendiri sangat sering dikaitkan dengan sebuah mitologi Sulawesi yakni to manurung (Orang yang turun dari langit) yang berbaur pada masyarakat setempat.

Tarian ini sendiri biasanya dibawakan oleh 4 orang penari perempuan yang diiringi menggunakan alat musik gendang serta puik-puik. Alat musik gendang ini juga merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kepala drum yang berlapis kulit hewan sehingga menghasilkan suara yang khas.

Pakaian Serta Aksesoris Penari Tari Pakarena

Tidak hanya melakukan serangkaian gerakan saja, tetapi seorang penari juga perlu mengenakan pakaian serta aksesoris yang sesuai. Untuk pakaian serta aksesoris yang wajib digunakan sendiri bisa Anda simak sebagai berikut ini.

Baju Bodo

Pakaian yang digunakan merupakan baju bodo yakni pakaian tradisional masyarakat bugis Makassar yang mana pakaian ini terbuat dari kain kasa transparan dengan model lengan pendek dan hanya dijahhit bersambung pada bagian lengan dalam. Baju ini memiliki panjang hingga lutut dan berbentuk persegi empat.

Untuk pemilihan warna baju bodo ini sendiri tidaklah sembarangan, sebab memiliki pilihan warna yang seuai dengan stratifikasi social masyarakat yang menggunakannya.

Sarung

Baju bodo ini dipasangkan dengan sebuah sarung syang berfungsi sebagai rok, untuk sarungnya ini sendiri berwarna putih polos kekuningan dan tidak memiliki corak yang mencolok. Namun saat ini penari tari pakarena telah mengenakan ragam sarung beragam yang sesuai dengan warna baju yang dikenakan.

Selendang

Aksesoris selanjutnya yakni penari menggunakan sebuah selendan yang disampirkan pada pundak bagian kiri yang warnanya sesuai dengan warna baju yang dikenakan. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja tetapi juga selendang ini digerakkan dan sesekali dimainkan dengan tangan kiri.

Kipas

Dalam menari seorang penari membutuhkan sebuah kipas yang digunakan ketika menari, kipas ini dipegang pada tangan kanan dan dimainkan sesuai gerakan serta temponya tersendiri. Untuk jenis kipasnya sendiri saat ini sudah sangat begitu bervariasi dan terkadang melihat dari keindahan kipas yang akan digunakan.

Demikianlah informasi mengenai tari pakarena yang merupakan tarian tradisional Sulawesi selatan yang saat ini telah mengalami modernisasi karena perkembangan zaman.